edelweissgreen

Just another WordPress.com site

penyakit autoimunologi

pada November 19, 2011

Scleroderma adalah penyakit autoimun dari jaringan ikat. Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi ketika jaringan tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Scleroderma ditandai dengan pembentukan jaringan parut (fibrosis) di kulit dan organ tubuh lain. Hal ini menyebabkan ketebalan dan warna yang tegas di daerah yang terlibat.
Penyebab skleroderma tidak diketahui. Namun para peneliti telah menemukan beberapa bukti bahwa gen adalah faktor penting, meskipun lingkungan tampaknya juga memainkan peran pada penyakit ini. Akibatnya penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh, menyebabkan cedera pada jaringan yang mengakibatkan cedera serupa dengan bekas luka pembentukan jaringan.
Fakta bahwa gen menyebabkan predisposisi untuk perkembangan scleroderma mengindikasikan bahwa warisan setidaknya juga berperan meskipun secara parsial. Selain itu, sudah lazim ditemukan penyakit autoimun lain dalam keluarga pasien skleroderma. Perlu diketahui, Penyakit ini lebih sering menyerang wanita dibandingkan dengan laki-laki.
Gejala
Gejala scleroderma tergantung pada jenis scleroderma dan sejauh mana keterlibatan eksternal dan internal pada penderita. Karena scleroderma dapat mempengaruhi kulit, esofagus, pembuluh darah, ginjal, paru-paru, tekanan darah dan usus, sehingga gejala dapat melibatkan banyak bagian tubuh. Gejala itu antara lain:
– perubahan warna jari kaki dan jari tangan. Umumnya berubah pucat kebiruan.
– kulit mengeras
– kulit wajah mengencang
– gangguan menelan
– penurunan berat badan
– diare
– sembelit
Pengobatan
Tidak ada obat yang dapat menghentikan perkembangan skleroderma. Tetapi obat dapat meredakan beberapa gejala dan mengurangi kerusakan organ. Obat herbal yang diduga dapat mengurangi gejala Scleroderma adalah Pegagan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: